Benih Ikan Bantuan Menteri Agama Untuk Warga Kuningan

Benih Ikan Bantuan Menteri Agama Untuk Warga Kuningan. Dalam upaya mewujudkan kemandirian pondok pesantren di Kabupaten Kuningan, Kementerian Agama Kabupaten Kuningan melalui Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD-Pontren) sumbang 30 ribu benih ikan.

Benih ikan tersebut diberikan kepada pondok pesantren yang sudah memiliki kualifikasi khusus mengenai budidaya ikan.

Benih Ikan Bantuan Menteri Agama Untuk Warga Kuningan

Benih Ikan Bantuan Menteri Agama Untuk Warga Kuningan

Di antaranya kepada masing- masing lembaga yang pimpinan atau pengelola pondok pesantrennya sudah mengikuti pelatihan tentang pengelolaan budidaya ikan yang dilaksanakan oleh Kantor Kementerian Agama Wilayah Jawa Barat.
Pondok pesantren yang mendapatkan bantuan benih ikan tersebut di antaranya Pondok Pesantren Nurul Ihsan Kecamatan Subang dan Pondok Pesantren Sirojul Ummah Kecamatan Pasawahan.
Masing–masing ponpes mendapatkan tiga jenis ikan dilengkapi dengan pakan ikan. Adapun jenis ikan yang diterimanya adalah 5.000 ikan jenis nilem, 5.000 ikan nila dan 5.000 ikan mas.
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kuningan H. Undang Munawar melalui Kepala Seksi PD – Pontren H. Ahmad Fauzi menerangkan, bantuan tersebut ditujukan untuk membantu pemerintah dalam pemenuhan gizi masyarakat, penyerapan tenaga kerja sector informal dan peningkatan pendapatan masyarakat.
“Untuk mewujudkan kemandirian masyarakat Kabupaten Kuningan, khususnya pondok pesantren,” kata Fauzi, Selasa (25/8).
Menurut Fauzi, selain untuk memotivasi dan menumbuhkembangkan kegiatan usaha dan kemandirian pondok pesantren, dengan adanya bantuan tersebut diharapkan mampu memberdayakan sumber daya santri.
Salah satunya adalah mampu meningkatkan fungsi kelembagaan ekonomi santri di pondok pesantren.

Benih Ikan Bantuan Menteri Agama

“Terkait pengelolaan selanjutnya kami bekerjasama dengan penyuluh perikanan di wilayah setempat. Mudah-mudahan benih ikan ini bisa dikelola dengan baik dan maksimal supaya mampu mencapai target yang kami harapkan,” paparnya.
Selain didampingi oleh para penyuluh perikanan, Fauzi menambahkan, pihaknya akan membina minimal dua orang santri dari masing-masing pondok pesantren untuk diikutsertakan mengikuti praktek pengelolaan ikan di balai peternakan ikan yang sudah ditentukan.
Setelah mendapat pembinaan khusus, masing-masing santri tersebut akan membantu pimpinannya dalam membudidayakan ketiga jenis ikan tersebut.
“Untuk tahun ini baru dua Ponpes yang mendapat bantuan. Nurul Ihsan dan Sirojul Ummah. Insyaallah untuk tahun selanjutnya secara bertahap kami prioritaskan seluruh pondok pesantren,” pungkasnya.
Di tempat yang sama, pimpinan Pondok Pesantren Nurul Ihsan Kecamatan Subang K. Husni Mubarok mengungkapkan, dirinya sangat berterimakasih atas bantuan yang diterimanya itu.
Berbekal kemampuan budidaya ikan yang didapatkannya dari pelatihan Kanwil Jawa Barat, pihaknya yakin akan menjalankan amanah tersebut dengan baik.
“Iklim di sini sudah cocok untuk budidaya ikan. Mudah- mudahan bisa kami kelola dengan baik,” katanya

Sumber  http://news.fajarnews.com/read/2015/08/26/4713/kementerian.agama.kabupaten.kuningan.sumbang.30.000.benih.ikan

Benih Ikan Bantuan Menteri Agama Untuk Warga Kuningan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Justo
like-tears-in-rain
like-tears-in-rain Updated at: 10.00

0 komentar:

Posting Komentar

PERHATIAN !!!!

Berkomentarlah sesuai dengan artikel yang dibaca.

Berkomentarlah untuk memberikan pendapat yang bisa digunakan untuk membangun blog ini menjadi lebih baik.

Jangan Tinggal link hidup di dalam komentar!!!

Jangan promo barang (jika referensi pengetahuan silahkan), berbau judi dan sara.